in

Tutorial Memasak Angsle Khas Jawa Timur Kekinian

Angsle Khas Jawa Timur. Bunda bundi hari ini ini saya akan membuat makanan ringan Khas dari Jawa Timur. Makanan ini sehat loh karena ada susu full creamnya yang baik buat anak-anak. Assalamualaikum sahabat YouTube ku semua gimana kabarnya semoga kalian semua sehat selalu dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT Aamiin Di video kali.

Cara membuat kuah Wedang Cemue hampir mirip dengan ketika. Pasalnya minuman khas Nganjuk, Jawa Timur ini diyakini berkhasiat untuk menjaga kesehatan serta memperlancar sistem metabolisme tubuh. Wedang Angsle ini rasanya benar-benar nikmat, aroma jahenya begitu kuat dan bisa ditemukan dengan mudah hampir di seluruh daerah Jawa Timur. Kalian dapat membuat Angsle Khas Jawa Timur hanya dengan menggunakan 18 bahan dan 10 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin Angsle Khas Jawa Timur yuk!

Bahan-bahan Angsle Khas Jawa Timur

  1. Diperlukan 50 gram of emping mlinjo.
  2. Gunakan 4 helai of roti tawar.
  3. Sediakan 50 gram of kacang tanah.
  4. Sediakan of Bahan ketan:.
  5. Dibutuhkan 100 gram of beras ketan.
  6. Gunakan 1 helai of daun pandan.
  7. Gunakan 1/2 sdt of garam.
  8. Siapkan of Bahan bubur mutiara:.
  9. Gunakan 100 gram of sagu mutiara.
  10. Dibutuhkan 1 helai of daun pandan.
  11. Siapkan 5 sdm of gula.
  12. Sediakan of Bahan kuah:.
  13. Siapkan 200 ml of santan kental.
  14. Diperlukan 600 ml of air.
  15. Sediakan 1 helai of daun pandan.
  16. Siapkan 1 ruas jari of jahe.
  17. Siapkan 14 sendok of gula.
  18. Gunakan Sedikit of garam.

Angsle merupakan wedang khas kota apel. Dalam khazanah kuliner Jawa, "wedang" merupakan sebutan untuk minuman panas. Minuman ini biasanya terbuat dari air yang direbus bersama jahe, serai, dan gula Jawa. Awalnya jamu khas Pasuruan, Jawa Timur ini dinamai jamu belik.

Langkah-langkah memasak Angsle Khas Jawa Timur

  1. Sangrai kacang dahulu, jangan terlalu gosong, lalu angkat. Kuliti kacang dan belah menjadi 2..
  2. Goreng emping hingga warnanya putih dan mengembang..
  3. Potong dadu roti tawar, bisa dengan gunting/ bisa dengan pisau. Tapi kalau dengan pisau jadi agak penyet, taoi nggak papa, nanti juga mengembang kalau kena kuah..
  4. Rendam sagu mutiara minimal 30 menit, lalu masak dengan air yang agak banyak. Campurkan gula, garam dan 1 helai pandan yang dipotong-potong..
  5. Tunggu hingga warnanya menjadi bening, lalu matikan..
  6. Masak ketan dengan air yang agak banyak (agar menjadi agak bubur) dengan garam dan pandan yang dipotong-potong, lalu kukus hingga warnanya bening..
  7. Cara membuat kuah: Masak di panci air 600 ml yang dicampur dengan gula, sedikit garam, pandan dan jahe (diiris/digeprek). Jika kelihatan mulai agak mendidih, tambahkan santan, lalu aduk terus (agar tidak pecah). Tunggu beberapa lama setelah mendidih, lalu matikan..
  8. Racik di mangkok dengan berbagai isinya yang berwarna-warni..
  9. Beri kuah dan hidangkan……..
  10. Warnanya cantik dan rasanya mantap, seger dan hangat. Maa Syaa Allaah……

Sama dengan wedang angsle, minuman yang satu ini juga sangat populer di kota Malang. Rempah yang dipakai untuk membuat wedang ini berupa jahe, merica, kayu manis, secang, dan kapulaga. Angsle atau wedang angsle adalah minuman khas Jawa Timur yang menyerupai kolak. Penjual angsle tradisional dulu berkeliling kampung hanya pada malam hari, karena angsle yang hangat pas disajikan saat malam hari atau saat hujan. Beberapa makanan khas jawa timur ini mungkin sudah tidak asing bagi masyarakat disana karena sudah terbiasa menikmatinya, namun bagi para wisata kuliner dari luar kota mungkin perlu mencari informasi tersebut.

Written by resep

Cara Paling Mudah Mempersiapkan Pesmol Mujair Sempurna

Panduan Mudah Membuat Sayur Pindang Santan Pedas Lezat