in

Resep: Gulai Ikan Kembung yang Gurih!

Gulai Ikan Kembung. OK sekarang kita masuk pula bab gulai kari ikan kembung. Saya tertarik dengan apa yang ditulis di SINI kari ikan kembung yang best ialah yang bila lepas makan, hang pi basuh tangan sampai habis sebuku sabun pun, tangan hang masih bau lagi kari tu. Kari ikan yang best ialah yang pecah minyak.

Bismillah,,,ikutan posbar tema olahan ikan bersama teman-teman cookpad community Yogyakarta, saya recook resepnya Bunda Dewi, aslinya resep Gulai Ikan Tuna, berhubung ibu sayur gak bawa ikan Tuna, adanya ikan kembung yasudah, eksekusi saja, yang pasti ini enak, guriiih banget.. So, kita bisa masak Gulai ikan tanpa menggunakan santan loh. Gulai Asam Ikan Kembung. foto: Instagram/@resepmasakankuliner. Cara membuatnya pun tidak sulit, sobat dapat menyiapkan Gulai Ikan Kembung hanya dengan menggunakan 14 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep Gulai Ikan Kembung!

Bahan-bahan Gulai Ikan Kembung

  1. Dibutuhkan 3 ekor of ikan kembung uk sedang (dipotong 2 bagian).
  2. Siapkan 6 siung of bawang merah.
  3. Gunakan 4 siung of bawang putih.
  4. Dibutuhkan 2 ruas of kunyit.
  5. Diperlukan 2 bh of kemiri.
  6. Diperlukan 5 bh of cabw merah.
  7. Dibutuhkan 8 buah of cabe rawit (4 bh utk dimasukan lgsg dalam kuah).
  8. Sediakan 1 bh of serai d geprek.
  9. Siapkan 2 lbr of daun jeruk dan salam.
  10. Gunakan secukupnya of Gula garam.
  11. Dibutuhkan 1 bh of jeruk nips.
  12. Gunakan 1 bks of santan saya pakai kara 60ml.
  13. Sediakan secukupnya of Minyak goreng.
  14. Gunakan 300 ml of air.

Kumpulan resep aneka olahan ikan kembung yang bisa ibu buat di rumah dengan mudah dan sederhana. Hidangan ini diharapkan mampu memperkaya dan menambah koleksi resep ibu dirumah. Resep ini dilengkapi pula dengan aneka resep ikan nila, ikan kakap, ikan gurame dan masih banyak lagi. Enjoy the videos and music you love, upload original content, and share it all with friends, family, and the world on YouTube.

Cara membuat Gulai Ikan Kembung

  1. Bersihkan ikan kemudian potong menjadi dua bagian dan marinasi dengan beri perasan jeruk nipis dan garam lebkur 15 menit masukan kulkas.
  2. Haluskan bumbu bawang merah,bawang putih,kemiri,kunyit,cabe merah dan rawit.
  3. Goreng ikan yg sudah dimarinasi.
  4. Tumis bumbu yg sudah dihaluskan kemudian masukan daun jeruk,daun salam dan serai aduk hingga harum,kemudian tambahakan air aduk2 hingga rata.
  5. Masukan santan kelapa dan aduk sesekali jgn sampai pecah santannya ya..masak saja dengan api kecil lalu beri gula garam dan tunggu hingga mendidih.
  6. Setelah mendidih test rasa,jika sudah pas sesuai yg diinginkan tambahkan cabe rawit dan masukan ikan yg sudah d goreng, aduk sebentar dan diamkan (tetap dengan api kecil) jika sudah meresap bumbu ke ikan matikan api. Gulai siap dihidangkan.

Ternyata cara membuat gulai ikan kakap tidak sesulit yang kita bayangkan bukan. Selain rasanya yang nikmat dan lezat, resep masakan ikan ini banyak mengandung vitamin dan zat zat penting lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh lho, seperti kalsium, protein, vitamin A, fosfor dan yang lainnya. Tapi hari ni saya nak buat gulai tempoyak guna ikan kembung je sebab tak ada ikan patin. Tak kisah korang nak guna ikan apa-apa pun boleh. Minggu lepas balik kampung, saya ambil sikit tempoyak sebab mak mesti sentiasa ada stok tempoyak yang banyak kat rumah.

Written by resep

Resep: Wedhang angsle Legit dan Nikmat!

Tutorial Lengkap Mempersiapkan Ikan Bandeng Bumbu Asam Pedas Simple